Senin, 30 Mei 2011

Ubuntu One (storage application cloud)

Mungkin untuk para pengguna Linux (Ubuntu) mungkin tidak asing lagi dengan layanan ubuntu one. Ubuntu One adalah satu fitur yang dikembangkan oleh canonical ,sistem ini adalah sebuah tempat penyimpanan data secara online yang tersinkronisasi dengan Sistem Operasi Linux yang kita punya.
Ubuntu One dapat digunakan mulai versi Ubuntu 9.04 keatas,sebenarnya fitur ini ada pada versi dibawahnya tapi pihak canonical tidak merilisnya secara luas karena belum dapat bertanggung jawab akibat ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat masih belum sempurnanya sistem yang dibuat.
Jika ingin mencobanya,anda bisa mengunjungi situs Ubuntu One dan membuat account untuk masukLalu anda hanya cukup mendaftar secara mudah,dan langsung dapat menggunakannya (Ubuntu One memberikan kapasitas 2GB secara gratis ketika mendaftar pertama kali).

Dengan layanan Ubuntu One, klien yang telah terpasang di desktop Ubuntu bisa melakukan pertukaran berkas termasuk sinkronisasi Bookmarks dan Alamat. Ubuntu menggunakan sistem basis data CouchDB untuk menyimpan data pengguna di awan. Kecuali untuk Linux juga telah tersedia klien-klien untuk Android dan Apple’s iPhone dan iPad yang menawarkan peningkatan ke layanan lebih luas (https://one.ubuntu.com/plans/)

Peningkatan paket penyimpanan di awan per 20 GByte dikenakan biaya 2,99 Dollar per bulan atau 29,99 Dollar per tahun. Kecuali itu tersedia layanan Ubuntu-One-Mobile yang antara lain menyediakan layanan streaming musik yang dibeli dari perangkat Android atau Apple dengan biaya langganan sebesar 3,99 Dollar per bulan atau 39,99 Dollar per tahun.

Software klien untuk pengguna Windows bisa dijalankan mulai versi Windows XP dengan SP3 keatas dan mensyaratkan .Net-Framework versi 4 dengan Windows-Installer versi 4.5.


referensi :
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Ubuntu_One
2. https://one.ubuntu.com/
3.http://gudanglinux.wordpress.com/category/cloudcomputing/ubuntuone/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar